RSS

TIPS MENGHINDARI SPAM

TIPS MENGHINDARI SPAM

Kegiatan spam yang makin marak akhir akhir ini sangat mengganggu kita semua. Hal ini jelas juga mengganggu jalannya dunia bisnis di mana banyak perusahaan yang mengaku sangat dirugikan akibat dari email spam ini. Spam sebenar nya bisa dicegah dengan mengubah pola internet kita supaya lebih aman dari gangguan spam. "Bagaimana caranya.?" Melalui tulisan ini akan di bahas mengenai beberapa cara menghindari spam. Menggunakan software anti-spam, software anti-spam ini bisa mengurangi email yang tidak anda inginkan ang masuk kedalam inbox mail anda. Software ini juga membutuhkan bantuan anda agar bisa belajar yang mana email berisi spam atau pun bukan.

Jangan pernah melakukan transaksi yang berasal melalui email yang tidak jelas. Dengan anda melakukan transaksi melalui email yang sebenarnya adalah spam, maka anda sudah terjebak dalam jaringan spam itu sendiri. Alamat email anda akan terekam untuk digunakan lebih lanjut oleh spammer dalam pengiriman spam berikut nya. Lebih parahnya lagi, email anda dapat dijual kepada pihak lain atau para spammer lainnya, ini akan menerima lebih banyak spam dan efek lain nya adalah anda bisa saja menjadi korban dari kegiatan fraud.

Jika tidak mengenal pengirim e-mail nya maka hapus saja, spam seringkali di kirimkan dengan alamat email pengirim (baik nama atau pun email) yang tidak jelas. lebih baik anda hapus saja email yang datangnya tidak jelas ini sebelum membuka nya. E-mail seperti itu bisa saja membawa virus yang dapat merusak komputer dan data data anda.

Jangan pernah merespon E-mail spam atau mengklik apapun di dalam nya. Jika anda me-reply email spam -- biar pun anda melakukan unsubscrib di dalamnya -- itu akan membuat email anda di catat sebagai email yang valid oleh si spammer dan akan di catat ke dalam data base nya. E-mail anda akan menerima lebih banyak spam dari si spammer tadi.

Jangan pilih opsi opsi yang di sediakan oleh suatu website akan suatu informasi, seringkali jka anda sedang mengisi formulir dalam suatu website. Biasa nya bagian akhir akan diberi beberapa pilihan (berupa checkbox) apakah anda bersedia menerima informasi lebih lanjut mengenai suatu hal. Berhati hatilah dalam menghadapi hal ini. Anda harus benar benar yakin dalam mencentang checkbox yang ada. Jika tidak yakin, pilihlah opsi yang benar benar anda ingin kan. Jangan semuanya. Ini akan membuat anda menerima email yang sebenarnya anda tidak butuhkan.

Jangan menggunakan "preview mode" dalam email client anda banyak spammer saat ini yang sanggup untuk melacak apakah email spam mereka sudah dibaca oleh korban. Bahkan jika anda tidak mengklik apapun di dalam email spamnya, ini biasanya terjadi pada mail client yang ada fasilitas preview mode nya sehingga si spammer bisa tahu apakah anda sedang membuka email spam nya. Ketika melakukan check email sebaiknya mematikan check mode nya dan hanya bukan bagian subject atau judul emailnya saja

Gunakan "BCC" jika anda ingin mengirimkan email ke banyak pihak. Bcc merupakan singkatan dari Blind Carbon Copy ini di gunakan untuk menyembunyikan daftar penerima email dari penerima lainnya. Konsep kerjanya sama seperti "cc" (Carbon Copy) hanya saja kalau "bcc" tidak terlihat. Misalnya ada pengiriman email untuk 50 orang teman anda, pada bagian to letakkan salah satu alamat email target dan 49 penerima lain nya dan hal ini akan membuat resiko spam lebih kecil.

Sebaiknya tidak mempublish alamat email penting anda di internet dan jangan mempublish alamat email anda di website, newsgroup, mailing list, web forum, dan lain sebagainya. Para spammer yang pintar ini sudah mampu menggunakan program yang bisa melakukan surfing ke internet dan mengambil alamat email yang ada di website lain-lain, bahaya bukan..?

Berikan alamat email yang penting kepada orang yang anda percaya, berikan alamat email anda hanya kepada orang orang terdekat yang terpercaya saja. Lebih baik lagi jika mereka sudah mengerti bahaya spam ini.

Gunakan secondary email address untuk kontak lain nya. Sebaik nya anda memiliki alamat email tidak hanya satu buah. Ini penting jika anda sering mendaftar kan alamat email anda ke suatu website di internet. Ketika anda mendaftarkan diri anda pada website, maka anda bisa menggunakan alamat email sekunder anda sehingga tidak terlalu mengaggu anda jika terkena spam.

Demikian tips tips untuk menghindari spam pada email anda.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "TIPS MENGHINDARI SPAM"

Post a Comment